Tips Backpacker ke Dieng Wonosobo

Dieng merupakan suatu daerah dataran tinggi di Jawa Tengah yang letaknya berada di Kab. Wonosobo dan Kab. Banjarnegara. Pesona keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak para pelancong (backpacker) yang berkunjung ke Dieng, baik itu dari dalam dan luar negeri.

Tidak hanya terkenal dengan hawanya yang sejuk saja, Dieng juga terkenal karena memiliki banyak pilihan wisata alam. Seperti Telaga Warna, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sineli, Kawah Candradimuka, Komplek Candi (Candi Bima, Candi Semar, Candi Arjuna, dan lain sebagainya), Sumur Jaltunda, Mata Air Sungai Serayu, Panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan lain sebaginya.

Panorama Dataran Tinggi Dieng (Sumber gambar: http://commons.wikimedia.org)

Panorama Dataran Tinggi Dieng (Sumber gambar: http://commons.wikimedia.org)

Jika anda hendak berkunjung ke Dieng, dari Purwokerto anda bisa naik bis jurusan Purwokerto – Wonosobo, atau bis jurusan Purwokerto – Semarang (turun di kota Wonosobo). Kemudian nanti dari Wonosobo anda bisa naik bis kecil angkutan umum yang menuju ke Dieng, disarankan anda siang hari sampai di Wonosobo supaya angkutan ke Dieng masih banyak.

Dari kota Purwokerto ke Wonosobo bisa ditempuh sekitar 3 jam, dengan melintasi pemandangan alam yang cukup memukau, kemudian dari kota Wonosobo ke Dieng bisa ditempuh sekitar 30 – 45 menit. Masalah penginapan anda jangan bingung, karena di Dieng banyak tersedia penginapan murah, homestay, dan lain sebagainya. Khusus tersedia untuk anda yang ingin melancong ke Dieng.

Komplek Candi Dieng (http://ngenesgilak.wordpress.com)

Komplek Candi Dieng (http://ngenesgilak.wordpress.com)

Kalau anda ke Dieng jangan lupa mampir ke Purwokerto 🙂

Inilah alasan kenapa anda harus mampir ke Purwokerto